Minggu, 03 Juni 2012

KHAZANAH BUDAYA DAN SEJARAH LEMBAH PALU (Draf Naskah)


KHAZANAH
BUDAYA DAN SEJARAH
LEMBAH PALU










Jamrin Abubakar



 



MENGENANG KOTA PALU


Oleh : Gempar Kastrono


Ku terjemahkan udara Kota Palu
anginnya jinak. Desirnya mengepak
sampai metropolitan

Kotaku yang masih belia
rebahlah pada kiblatmu
di sana nyamuk tak memperlihatkan bisanya.
seperti bisa para pendusta,
yang kian  kemari mencari mangsa


O, aku yang telah
mereguk kuahmu, kota yang melahirkan debu
kuhirup hingga sesak nsapasku

Ku terjemahkan bahasamu
dalam Kailiku yang sunyi. Tak kudengar;
“Nuapa kareba”
bisikmu padaku;
diam-diam Jakarta telah migrasi
di sini


Kota Debu, 1995






PENGANTAR DARI PENULIS


DENGAN  mengucapkan puji syukur Alhamdulillah, buku kecil ini diterbitkan kembali setelah melalui revisi dari edisi pertama tahun 1999 dengan judul  Mengenal Khazanah Budaya dan Masyarakat Lembah Palu. Selang 12  tahun kemudian tentunya ada sejumlah data dan informasi yang telah mengalami perubahan (penambahan dan pengurangan) sekaligus penulis beri judul baru, Khazanah Budaya dan Sejarah Lembah Palu dengan melakukan perbaikan dan mengaktualisasikan kembali sesuai perkembangan zaman.
Buku ini tentu tidak luput dari kekeliruan penulisan, namun bagi penulis tetap berupaya untuk memperbaiki guna memenuhi bahan bacaan yang “walau” sedikit memberi informasi mengenai Kota Palu atau Lembah Palu dari beberapa sisi sebagaimana ditampilkan. Kota Palu memiliki beragam  khazanah dari aspek sejarah, legenda, tinggalan budaya, wisata kuliner, tradisi leluhur dan lainnya yang sangat menarik diketahui. Setidaknya lewat buku ini, pembaca dapat mengapresiasi di antara khazanah yang yang dimiliki, namun kadang terabaikan disebabkan minimnya informasi bagi warga kota itu sendiri. Karena itu harapan penulis buku ini bisa pula menjadi bacaan tambahan bagi siswa maupun mahasiswa tentang Kota Palu.
Meskipun sajian buku ini masih terbatas, tetapi inilah salah satu bentuk kepedulian penulis di tengah keterbatasan buku bacaan lokal. Sebaliknya apa yang ditulis sebetulnya hanyalah sebagian kecial dari banyaknya khazanah budaya daerah yang patut diperkenalkan, namun demikian sekecil apapun tulisan ini, penulis tetap optimis dan berharap ada manfaatnya.
Dibanding pada terbitan pertama (1999), kali ini ada beberapa tulisan yang baru dimasukkan di antara tulisan lama. Di satu sisi beberapa tulisan terdahulu yang kemudian tidak lagi ditampilkan pada penerbitan ini dengan pertimbangan relevansi dan keterkaitan di antara tulisan. Begitu pula beberapa judul artikel yang termuat ada yang mengalami perbaikan beserta isinya dengan harapan lebih informatif.
Demikian kata pengantar penulis, dengan harapan buku ini mendapat sambutan pembaca. Saran dan kritik untuk perbaikan yang lebih baik sangatlah berguna untuk kemajuan dunia kepustakaan daerah.


Palu,  

Jamrin Abubakar
Penulis



 
DAFTAR ISI

Pengantar Dari Penulis

1.    Lembah Palu (Sebuah Catatan Mitologi dan Geologi)
2.    Palu Dalam Lintasan Sejarah
3.    To-Kaili di Lembah Palu
4.    Tadulako: Apa dan Siapa?
5.    Balia: Tradisi Mengundang Roh
6.    Masjid Jami Kampung Baru, Satu Setengah Abad
7.    Banua Oge Palu, Tinggalan Zaman Kerajaan
8.    Gedung Juang, Warisan Hindia Belanda
9.      Lezatnya “Makan Tulang” di Kota Palu
10.   Walikota Palu dari Masa ke Masa

DAFTAR PUSTAKA
Riwayat Singkat Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar