Minggu, 22 Januari 2012

APBD Donggala 2912 Defisit Rp 14 Milyar



DONGGALA-Bupati Donggala, Habir Ponulele bersama Sekdakab Donggala Kasmuddin Haluddin melakukan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Alokasi Dana TP tahun anggaran 2012 bertempat di Ruang Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Selasa (17/1). Secara resmi dirangkaikan pula dengan penyerahan pengelolaan pemanfaatan aset dan saranan sistem Simda versi baru kepada sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Donggala.

Setelah dilakukan penyerahan dokumen anggaran, Habir Ponulele dalam sambutannya menegaskan agar seluruh kepala SKPD segera mengambil langkah-langkah mempercepat persiapan pelaksanaan kegiatan salah satunya proses tender. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kelambatan dalam penyelesaian kegiatan akhir tahun anggaran yang berakibat pada terhambatnya proses pencairan dana.

Dalam penyerahan tersebut Bupati Donggala mengungkapkan tentang adanya defisit APBD tahun 2012 sebesar Rp 14 milyar lebih, sebab jumlah APBD sebesar Rp 651.446.048.436. sedangkan anggaran beanja mencapai Rp 665.573.502.356. adanya defisit tersebut, kata Habir Ponulele dapat dicukup seluruhnya dari anggaran pembiayaan yang mengalami surplus sebesar Rp 14 milyar lebih.

“Dengan mempertimbangkan sumberdaya keuangan yang tebatas serta permasalahan daerah yang cukup kompleks dan mendesak, maka sangat diharapkan APBD 2012 harus betul-betul responsif dalam memberikan pelayanan kepada publik,” harap Habir pada para pimpinan SKPD.

Selain itu bupati juga mengharapkan setiap SKPD harus mampu mengoptimalkan sumber daya yang tersedia dengan menggunakan kemampuan manajerial. Terutama mampu mengidentifikasi permasalahan kegiatan pemerintahan agar mencapai sasaran dan tujuan pembangunan di Kabupaten Donggala. Sebab agenda mendesak saat ini, kata Habir adalah penyusunan LKPJ dan LPPD tahun 2011 dan pengelolan bidang keuangan yang merupakan kompilasi dari laporan keuangan nantinya diserahkan ke DPRD sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran 2011. Namun dmeikian terlebih dahulu akan diaudit BPK untuk menghasilkan opini dapat berupa wajar tanpa pengecualian, wajar dengan pengecualian atau tidak wajar tanpa pengecualian.

Berdasarkan dokumen dari jumlah anggaran pendapatan Kabupaten Donggala Rp 651 milyar bersumberkan PAD sebesar Rp 22 milyar lebih, dana perimbangan Rp 660 milyar lebih dan pendapatan lain Rp 69 milyar lebih. Dalam penggunaan APBD tersebut serapannya diperuntukan bagi belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja modal terdiri atas 452 jenis kegiatan yang dikelompokkan alam 144 jenis program.(JAMRIN AB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar