Selasa, 24 Januari 2012

PROFIL Taman Bacaan Masyarakat BONE BULA DONGGALA



UJ

Alamat :
JL. Pelabuhan No. 98
Kelurahan Boya, Kecamatan Banawa,
Kabupaten Donggala – Sulawesi Tengah
Nomor Kontak: 081341048000, 0457-71245







PROFIL TBM BONE BULA


Taman Bacaan Bone Bula merupakan bagian dari unit Yayasan Bone Bula sebagai lembaga swadaya masyarakat dengan Direktur Andi Anwar di kota Donggala, Sulawesi Tengah yang aktif sejak 2008. Lembaga ini bergerak pada masalah-masalah lingkungan hidup. Sedangkan taman bacaan  dikelola Jamrin Abubakar bersama staf Bone Bula. Tempatnya berada di tengah kota yang mudah diakses oleh warga, tepatnya di Jl. Pelabuhan No 98, Kelurahan Boya, Kecamatan Banawa.

Alamat tersebut merupakan tempat yang kedua setelah sebelumnya beralamat di rumah kediaman Andi Anwar, Jl. Bioskop, Kota Donggala yang jaraknya sekitar 1 km dari lokasi sekarang. Status tempat TBM ini merupakan rumah yang disewa dari seorang warga Donggala sejak tiga tahun lalu dan masa kontrak diperbarui setiap tahunnya.

Nama Bone Bula merupakan bahasa Kaili yang merupakan etnis terbesar di Kabupaten Donggala yang bermakna “Pasir Putih.” Memiliki makna filosofi sebagai daerah pesisir yang potensial dengan pasir putihnya, lembaga ini berobsesi memiliki cita-cita yang luas bagai hamparan pasir yang putih dalam pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Salah satunya melalui pembinaan pendidikan nonformal dan penyadaran lewat bahan bacaan bagi masyarakat umum maupun pelajar. Dalam pelayanan bahan bacaan, Bone Bula belum melakukan peminjaman pada pengunjung untuk membawa buku atau majalah ke rumah, sehingga hanya bisa membaca di tempat mengingat tenaga sangat terbatas.
Taman Bacaan Bone Bula ini memiliki visi menumbuhkan budaya baca kalangan remaja (pelajar), masyarakat umum di Kota Donggala dan menjadi perpustakaan alternatif. Sekaligus dapat mendukung sebagian dari upaya Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Donggala dalam menumbuhkan budaya baca.

Selain menyediakan bahan bacaan yang berupa buku-buku berbagai jenis yang dapat dibaca setiap pengunjung, Bone Bula juga sering melakukan pelatihan jurnalistik bagi siswa SLTP dan SLTA di Donggala. Tujuannya mengajak siswa untuk memahami soal jurnalistik secara sederhana sehingga tumbuh minat menulis di kalangan siswa, minimal dapat melaporkan suatu kegiatan atau persoalan sederhana di lingkungan sendiri. Penempatan koleksi masih sangat sederhana yang disatukan dalam lemari, rak-rak buku dan sebagian masih disusun dalam dos. Selain ditempatkan di sekretariat Bone Bula, juga sebagian koleksi ditempatkan di kediaman Jamrin Abubakar (pengelola) di Kelurahan Maleni, Kecamatan Banawa. Sumber pengadaan koleksi selain sumbangan dari per orangan dan lembaga swadaya masyarakat, juga dilakukan pembelian di toko buku di Kota Palu, 36 km dari Donggala.

Perlu diketahui, Donggala merupakan kota tua dan pusat perdagangan dan pelabuhan tua sejak zaman Hindia Belanda yang secara geografis berada di ujung barat Teluk Palu. Donggala  juga menjadi ibu kota bagi Kabupaten Donggala yang merupakan salah satu dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.275,69 kilometer persegi terdiri dari 16 kecamatan dengan total penduduk 277.236 jiwa (SP 2010). Khusus ibu kota Donggala dalam hal ini Kecamatan Banawa yang menjadi tempat Bone Bula berkedudukan memiliki jumlah penduduk 32.042 jiwa yang tersebar pada 9 kelurahan dan 5 desa.*

Susunan Pengelola TBM Bonebula




Pengawas
(Direktur Yayasan Bone Bula) : Andi Anwar

Pengelola/Penanggungjawab : Jamrin Abubakar

Sekertaris Pengelola              : Dahlia

Bagian Informatika                 : Idris Sulaiman


Staf pelayan pustaka             :  Dwi Ningsih Andriyani
                                                 
                                                  Erni Yuliani

                                                  Fredikson






Tidak ada komentar:

Posting Komentar