Minggu, 22 Januari 2012

Pascaadipura Tempat Sampah Banyak yang Rusak



DONGGALA-Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Donggala, Ibrahim Drakel menegaskan agar warga Kota Donggala tetap berkomitmen terhadap pemeliharaaan lingkungan. Sebab masih ada kecenderungan warga membuang sampah secara sembarangan, sehingga kadang mengganggu pemandangan dan lingkungan. “Padahal sejak lama pemerintah sudah menyediakan temat sampah di seluruh tepi jalan di dalam kota. Itu pun tempatnya dua bagian berupa untuk sampah basah dan sampah kering, tapi toh kadang masih diabaikan,” ungkap Ibrahim Drakekel belum lama ini.

Menurutnya, masih adanya yang belum peduli dan memiliki rasa kebersamaan pemeliharaan tempat sampah sementara, akan menjadi beban. Padahal, kata Ibrahim sudah berkali-kali dilakukan sosialisasi dari tingkat kelurahan sampai ke RT, tapi toh masih sering terjadi adanya warga yang membuang sampah apda tempatnya.
“Padahal ke depan tantangan kita dalam pelestarian lingkungan, makin besar menyusul kriteria penilaian adipura tahun berikutnya pasti bertambah. Karena itu kami sangat mengharapkan bahwa tetap adanya komitmen secara bersama-sama bukan saja dari pemerintah, tapi juga dari masyarakat secara keseluruhan,”kata Ibrhami pada Media Alkhairaat.

Sementara itu aktivis lingkungan dari Yayasan Bone Bula Iwan Sulaiman menilai pascaperolehan Adipura ada kecenderungan komitmen memelihara lingkungan berkurang. Salah satu buktinya soal ternak kambing mulai berkeliaran lagi, sehingga kadang sangat mengganggu kenyamanan bagi kendaraan lalulintas dan merusak tanaman di taman. Padahal menjelang penilaian Adipura beberapa waktu lalu dilakukan razia ternak dan pemerintah menerapkan Perda Tentang Ternak, namun setelah Adipura diraih tidak ada lagi ketegasan.

Iwan menilai jadi yang harus ditanamkan adalah rasa memiliki dan kepedulian masyarakat secara komitmen yang seiring dengan peraturan yang diterapkan pemerintah. Jangan hanya razia ternak dilakukan pada saat akan meraih adipura dan sebaliknya diharapkan warga harus tetap memelihara ternaknya di kandang agar tidak berkeliaran. (JAMRIN AB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar